BPN 30 Day Blog Challenge, Challenge

Menulis Tentang Parenting, Cara Untuk Terus Belajar

Suka jiper baca blog-blog tentang parenting yang lengkap banget. Pengen juga bisa seperti itu. Tapi, kalau diturutin, hmm, kayanya kok bakal nggak jadi nulis.

GADOGADO. Itu tema blog saya di awal-awal mulai ngeblog.

Semua saya tumpahkan tanpa milih-milih atau bagi-bagi. Kalaupun ada fitur kategori, kadang kala saya nggak mau repot-repot menggunakannya dan secara otomatis semua tulisan masuk ke dalam “uncategorized“.

Kesan gado-gado tersebut keliatan jelas di blog saya yang ini. Suatu saat, saya bisa nulis tentang gaya hidup, lain waktu tentang buku. Lalu, setelah itu curhat. Haha.

Mungkin itulah enaknya nulis di blog. Kita nggak dituntut untuk harus nulis ini nulis itu. Nggak dibatasi oleh “tema” khusus. Pokonya bebazz aja. Bebas tapi sopan. Hehehe.

Mulai pengen fokus..

Beberapa waktu belakangan, saya pengen lebih fokus. Ya, banyak belajar juga dari para blogger senior. Dengan fokus, lebih mudah untuk menyelesaikan suatu misi yang diusung.

Tapi, apa misi saya?

Setelah punya anak, jadilah saya bercita-cita untuk nulis hal-hal terkait parenting atau apa pun yang berkaitan dengan anak.

Memiliki anak merupakan pengalaman yang seru dan menyenangkan, sekaligus bikin deg-degan.

Bahkan, setiap hari sebenarnya ada aja hal menarik yang bikin saya mikir, “Wah, ini keren nih kalau saya bagikan di blog. Apalagi kalau nambah informasi ini dan itu…”

Faktanya, saya kebanyakan mikir dong, Saudara-saudara. Apalagi trus setelah sercing-sercing dan nemu buuanyak tema serupa, jadi mendadak kehilangan semangat.

Padahal, ya, yang namanya pengalaman itu kan unik, nggak sama satu sama lain. Jadi, harusnya itu bukan alasan.

Saya pengen benar-benar bisa konsisten menulis tentang tema parenting. Apalagi karena nama blog ini juga udah sesuai.

Satu tema, banyak bahasan

Pasti pernah mikir, “Ah, saya pengen bebas aja deh. Nggak usah pake tema segala. Ntar jadi nggak pleksibelll“.

Faktanya, satu tema bisa dibahas dari banyak aspek, lo, gaes!

Caranya, kolaborasikan aja tema utama dengan banyak tema pendukung lain.

Contohnya kalo saya, pengen angkat tulisan tentang gaya hidup, bahas aja gaya hidup keluarga. Tulisan tentang kesehatan, bahas tentang kesehatan keluarga.

Kuliner? Traveling? semua bisa diceritakan dari sudut pandang seorang ibu (yang sedang belajar).

Blog Bayangan

Tentu saja, selain berprofesi sebagai ibu, saya masih seorang individu yang ingin bagiin hal-hal lain. Kadang kala, memang ada tema yang nggak pas aja dimasukkan ke blog ini.

Itulah gunanya punya blog bayangan hehehe. Sebenarnya, blog ini malah lebih duluan lahir. Saya gunakan aja untuk menampung hal-hal nggak jelas yang harus dikeluarkan.

Bagaimana dengan kamu, suka nulis gado-gado atau fokus satu tema aja?

#Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge–Day 2 “Tema Blog yang Disukai”.

18 thoughts on “Menulis Tentang Parenting, Cara Untuk Terus Belajar”

  1. Ku juga masih suka nggak pake tema mbak. Blognya masih campur aduk, semua tulisan jadi satu. Cara misahinnya dengan di kasih label aja sih, ada satu blog lagi. Tapi blognya belum dihuni. 😂

  2. Aku juga termasuk yang gado-gado mbak.
    Ternyata sama ya yg drasakan saat mau nulis sesuatu ternyata sdh banyak yg nulis dg tema serupa semangat langsung turun, tapi bener jg setiap org punya sudut pandang sendiri2. Mulai nulis lagi walaupun masih gado-gado.

  3. Wah, blog saya juga gado2 isinya.. Tapi ulasan yang saya suka tentang tempat makan dan tempat wisata. Parenting ada juga, tapi dikiit banget…. Bahasan ttg parenting bagus dan bermanfaat bgt.. Salut dengan blogger yang rajin update ttg tema parenting.. 👍👍

    1. Iya mba, saya juga banyak belajar dari blogger2 parenting senior. Lengkap banget dan jadi dapat pengetahuan baru. Saya masih kecil hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *