BPN 30 Day Blog Challenge, Challenge

Mengenali Diri Sendiri; Ini 5 Faktanya

Siapa saya? Apa yang membuat saya menarik? Apa yang perlu orang ketahui tentang saya? Terkadang, kita perlu menjelaskan diri sendiri kepada orang lain supaya tidak terjadi salah paham. Bahwa, saya memang seperti itu. Lalu, apakah saya perlu berubah jika tidak sesuai dengan harapan orang lain?

Pada tema kali ini, saya mencoba untuk melihat kembali ke diri sendiri. Saya akui, ada banyak perubahan yang saya alami, mulai sejak kecil hingga saat ini. Apa yang menyebabkannya? Pengalaman hidup tentu saja. Ada banyak hal yang mengubah karakter sehingga saya bisa menjadi seperti sekarang.

Ini dia fakta soal diri saya:

1. Introver

Saya rasa, saya mulai introver sejak memasuki sekolah menengah atas. Saat itu, saya mengalami masa yang kurang menyenangkan. Saya nggak begitu populer karena prestasi di sekolah tidak menterang. Bahkan, bisa dibilang, di antara sejumlah anak-anak lain di kelas, saya sering berada paling belakang. Entahlah, mungkin ditambah dengan ketidakpedean terhadap fisik. Padahal, hal itu tidak jadi masalah ketika saya masih sekolah menengah pertama.

Ketika melanjutkan kuliah, kadar introver saya mulai berkurang sedikit demi sedikit. Meskipun masih aja. Setidaknya, saya memiliki sejumlah sahabat yang selalu bersama saya. Itu membuat saya dapat melihat hidup dengan lebih positif.

Sekarang? Hmm, tentu saja saya masih introver. Seberapa pun saya berusaha untuk terbuka. Ya, inilah diri saya sekarang. Orang yang tidak mudah membuka diri untuk berteman. Tapi, kalau sudah kenal, saya akan lebih mudah berbagi.

2. Sangat sensitif

Mungkin ini ada hubungannya dengan fakta yang pertama ya. Karakter ini kadang-kadang bikin saya susah sendiri. Pasalnya, orang lain merasa itu bukan apa-apa sementara saya udah mikir yang nggak-nggak. Tapi, akhir-akhir ini sudah mulai lumayan (kecuali mungkin karena masalah hormon). Saya merasa lebih ringan aja dan tidak mudah memasukkan perkataan orang lain ke dalam pikiran.

Namun, sensitif juga menurut saya berguna kok. Ketika orang lain menganggap suatu hal dengan sepele, saya orang pertama yang bisa memahaminya. Saya pun belajar untuk melihat dari cara pandang yang berbeda. Tidak langsung menilai sesuatu dengan apa yang tampak dari mata kepala sendiri. Di balik suatu hal, sebenarnya ada banyak hal rumit yang tidak bisa dipahami sekilas.

Itulah sebabnya, ketika menghadapi suatu masalah yang bikin emosi. Saya biasanya selalu mengingatkan diri sendiri untuk diam dulu. Jangan menyahut. Karena hal itu hanya akan memperkeruh suasana. Meskipun nggak mudah. Karena pengennya ya ngomong. Namun, siapa yang akan mendengar kalau semua ngomong?

3. Sulit berkonsentrasi

Saya nggak bisa menulis dengan baik kalau sekitar saya ramai. Bahkan, saya jarang bisa menulis sambil ditemani musik. Kecuali kalau sedang curhat mungkin ya. Hehe. Sekitar saya harus benar-benar tenang dan tidak ada distraksi apa pun.

Kadang-kadang, saya suka marah kalau lagi butuh konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi sekitar ada banyak keributan. Huhu. Namun, bagaimana lagi ya. Kan nggak hidup sendiri. Bukan ruangan sendiri.

Saya selalu berusaha sih supaya bisa lebih fleksibel. Caranya? Ya membiasakan diri aja. Jangan sampai nggak produktif hanya karena masalah-masalah sepele.

4. Terlihat kurus padahal berat

Iya, kemarin saya baru aja menimbang badan dan tahukah kalah saya udah hampir 56 kilogram. Huahahaha. Padahal, saya terbilang kurus. Mungkin gini ya kalau ibu-ibu. Badannya udah nggak seperti waktu belum menikah atau melahirkan. Ya, saya merasa sih, bagian perut lebih gendud. Itu yang mungkin bikin berat semakin bertambah.

Baju-baju juga mulai nggak muat. Apalagi yang lama-lama, haduhhh, sama sekali nggak bisa dipakai lagi. Sebabnya mungkin karena suka makan dini hari. Yang mana, kebiasaan itu pengen aku hilangkan untuk hidup yang lebih sehat.

5. Nggak suka bikin kejutan

Karena takut nggak surprise hahaaha. Jadi, pengennya yang datar-datar aja. Kalau mau kasih sesuatu, ya langsung bilang aja ke orangnya. Tipe praktis banget pokoknya. Buat apa kasih kalau ternyata tidak berguna bagi orang tersebut, ya kan? Sayang banget. Hehe.

Selain itu, kadang nggak pede juga karena merasa belum mempersiapkan kejutan itu dengan baik. Takutnya malah mengecewakan. Atau malah malu-maluin huhu.

Nah, itulah beberapa fakta tentang diri saya di antara sejumlah fakta lainnya. Bagaimana dengan kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *