BPN 30 Day Blog Challenge, Challenge

Kegiatan Favorit Keluarga Pada Hari Libur

Sejujurnya, saya lebih senang bersantai-santai saja pada hari libur. Namun, rasanya kok sayang banget kalau tidak melakukan apa-apa.

Jika ada kesempatan, saya suka bepergian. Waktu masih berstatus pacaran dengan suami dan ketika baru-baru menikah, kami juga sempatĀ traveling ke beberapa tempat–kebanyakan dalam kota sih hehe. Namun, setelah hamil dan W lahir, hasrat untuk bepergian kok berkurang drastis. Sibuk ngurus anak, cyin.

Nah, setelah W udah mulai bisa jalan, kami sempat pergi ke beberapa tempat di luar kota pada hari libur. Ya, membawa anak traveling itu banyak tantangannya, ya. Hehe. Namun, demi memberi pengalaman baru pada anak, dijabanin aja.

Untuk mengisi hari libur, berikut adalah beberapa kegiatan favorit yang biasa kami lakukan:

1.Bangun agak siang

Yes, bagi kami liburan itu adalah ketika bisa bangun lebih siang dari biasanya. Untuk apa? Sekadar supaya bisa bercanda bersama anak. Cium-cium pipinya yang gembul. Peluk-pelukin dia. Percayalah, meskipun belum mandi semua, rasanya lebih nyaman dengan bau bangun tidur. Buktinya, W senang banget ngendon di bawah ketiak ibunya pada saat pagi-pagi hhaha.

Menurut saya, ini adalah kesempatan berkualitas untuk membangun hubungan. Pasalnya, pada hari biasa, kami selalu diburu waktu. Kami harus bangun pagi lalu berangkat bersama. Kasihan juga, ia pasti capek. Udah seperti orang kerja aja. Jadi, saat liburlah waktu untuk bersantai, nggak harus bangun sepagi biasanya.

W biasanya akan senyum-senyum dengan mata merem. Menikmati kedekatan dengan ayah ibunya. Ini bikin dia kelihatan lebih happy. Semoga.

2. Memasak bersama

Karena hampir setiap hari kami selalu jajan di luar, pada hari liburlah kesempatan untuk memasak bersama. Masakannya sederhana aja kok. Sayur bening, tempe goreng, dan sambel. Kalau misalnya lagi ada nasi sisa semalem, bikin nasi goreng. Ini menu andalan si ibu dan pasti akan ludes dimakan.

Kesempatan memasak bersama ini sangat langka. Untungnya, W bisa diajak kompromi ya. Ia akan duduk bersama saya sambil memetik daun bayam. Lalu, tanya macem-macem tentang bahan-bahan dapur. Kalau udah bosen, barulah ia main dengan mobil-mobilnya.

Pengennya sih, kesempatan untuk memasak bersama bisa lebih banyak. Saya ingin mempersiapkan diri ke depan untuk itu.

3. Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan

Berhubung pusat perbelanjaan yang paling dekat dari lokasi rumah adalah Transmart, tempat ini biasanya yang menjadi tujuan kami. Jarang beli apa-apa, cuma supaya bisa jalan kaki aja. Pasalnya, ke mana-mana kami udah naik kendaraan. Jarang punya kesempatan untuk olahraga.

Nah, mengelilingi pusat perbelanjaan bisa membakar kalori. Cuma, harus siap-siap aja sih. Tiap liat gerai yang menjual mainan mobil, harus tahu trik supaya W nggak lihat hehehe. Sesekali nggak apa-apa, tapi kalau berkali-kali, bisa jebol kantong ortunya.

4. Ke rumah baru

Puji Tuhan, kami akhirnya diberi kesempatan untuk memiliki rumah sendiri. Meskipun masih belum ada apa-apanya. Tiap hari libur, kami biasanya akan datang ke sana untuk melihat-lihat. Sudah bisa ditempati sih, cuma barang-barangnya belum ada. Rencananya tahun depan ini akan memindahkan sedikit demi sedikit supaya bisa dibuat tidur juga sesekali.

Nah, itulah beberapa hal yang biasanya kami lakukan pada hari libur. Jarang bepergian ke tempat wisata. Hehe. Mungkin belum waktunya aja sih. Takutnya si kecil cepat capek. Untuk sementara dihindari dulu sih sampai daya tahannya benar-benar sudah baik.