BPN 30 Day Blog Challenge, Challenge

Mengapa Masih Menjadi Part Time Blogger

Saya terjun ke dunia blogging sejak lama. Namun, baru satu dua tahun terakhir ini bisa menghasilkan dari blog. Itu juga belum seberapa. Sebagai part time blogger, saya memang harus banyak belajar.

Ada alasan klasik mengapa saya masih menjadi part time blogger hingga saat ini, yaitu pekerjaan utama sebagai karyawan. Alasan lainnya mungkin lebih pada belum berani untuk sepenuhnya menggantungkan hidup pada dunia ini.

Tentu saja, itu dipicu oleh banyak faktor. Yang paling utama sih, karena belum siap aja. Saya ingin suatu hari bisa menjadi full time blogger, tapi persiapan bagi saya adalah hal yang utama, supaya tidak menyesal karena salah ambil keputusan.

Nah, karena saya sekarang dalam keadaan sebagai part time blogger, setidaknya ada beberapa hal yang bisa saya nikmati. Berikut di antaranya:

Pertama, saya dapat menikmati kegiatan menulis sebagai me time. Sesuatu yang membahagiakan. Sebuah kesempatan untuk melepaskan kepenatan rutinitas. Karena tidak ada tuntutan untuk harus mengikuti ketentuan ini dan itu, saya lebih bebas merefleksikan diri.

Kedua, menjadi part time blogger akan mendorong saya untuk lebih banyak belajar dari para senior. Wah, kalau melihat para blogger lain, saya masih bukan apa-apa. Jadi, merasa kurang layak aja disejajarkan dengan mereka. Status sebagai part time blogger adalah semacam kesempatan untuk menambah skill dulu.

Ketiga, saya masih bisa mendapatkan pemasukan tetap. Mengingat ada begitu banyak hal yang harus kami sediakan, mulai dari biaya daycare anak, mencicil rumah, biaya hidup sehari-hari, dan sebagainya. Saya mencoba untuk mensyukuri aja keadaan saya saat ini.

Ada suatu waktu, ketika saya pengen juga menjadi full time blogger, yang sepenuhnya bisa mengikuti setiap event, menghabiskan waktu untuk utak-atik blog, berjejaring dengan sesama blogger. Namun, setiap orang saya rasa memiliki pertimbangannya sendiri-sendiri. Saya salut kepada mereka yang berani mengambil pilihan itu. Dan saya berusaha untuk menikmati pilihan saya.

Baik full time blogger maupun part time blogger masih bisa bareng-bareng kok. Hal itu sudah saya rasakan, bersama teman-teman blogger hebat, saya masih bisa bertemu dan berkumpul tanpa harus membedakan mana yang hanya setengah maupun sepenuhnya.

Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk menikmati momen-momen terbaik apa pun pilihan yang kita ambil saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *