Review

Club Alacarte, Aplikasi Premium Untuk Menjelajah Kuliner Secara Elegan dan Eksklusif

Picture by www.pexels.com

Pernah nggak sih kamu mengalami kejadian memalukan saat fine dining di sebuah resto berkelas, lalu pasangan dengan noraknya bertanya kepada waitress, “Ada potongan harga, nggak?” Haduh! Saya pernah, meskipun bukan di tempat yang mewah-mewah banget. Namun, semua orang yang datang ke tempat itu berpakaian rapi, termasuk kami.  Ceritanya sih, kami sedang merayakan satu bulan pernikahan. Jangan ketawa, yah! Konon katanya 3 bulan pertama pernikahan dunia terasa seperti surga.

Mendengar pertanyaan itu, si waitress cuma menggeleng sambil tersenyum sopan. Saya menunduk aja menatap piring, sendok, dan garpu. Nggak mau membayangkan berapa pasang mata yang menoleh ke tempat duduk kami diam-diam. Dalam hati menggerutu, si abang kok nggak tahu tempat banget, sih! Haha! Memaaang, kami berdua sangat berkomitmen untuk selalu menghemat pengeluaran. Meskipun kala itu uang bisa dibilang nggak kurang. Gaji pun rasanya cukuplah untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup standard. Tapi, kalau ada peluang untuk melakukan penghematan—dengan berburu potongan harga, misalnya—kenapa, nggak? Itu prinsip kami.

Cuma, dari level “keberanian”, saya akui nyali saya lebih kecil. Akhirnya, si suamilah yang biasanya inisiatif maju duluan untuk bertanya. Mottonya: Lebih baik bertanya, pantang menyesal karena sudah telanjur bayar! Padahal ya, kalau misalnya ternyata ada diskon gede, sayalah yang paling bersorak gembira.

Tapi, sejak kejadian di resto itu, saya menjadi agak keder juga urusan diskon-diskonan ini. Soalnya, pas bayar di kasir, rasanya tertuduh gitu oleh pandangan mata para waitress dan pengunjung di sana. Dikira nggak bisa bayar, apa? Hehehe. Setelah itu, saya selalu wanti-wanti ke suami duluan sebelum kami membeli sesuatu, baik makanan atau barang apa pun, supaya kami mendiskusikan dulu di luar segala kemungkinan tentang ihwal potongan harga. Kalaupun mau nanya, jangan frontal gitu!

Kenalan Sama Alacarte

Suatu saat, saya kenalan sama sebuah aplikasi. Saya memang hobi nyoba aplikasi-aplikasi baru di Google Play. Nama aplikasi mobile ini Club Alacarte. Intinya, sih melalui Club Alacarte, kita bisa menikmati diskon di sejumlah resto maupun gerai tanpa perlu mencuri perhatian.

Ada 2 fitur utama yang akan kita temukan di Home aplikasi, yaitu “Dining” dan “Lifestyle & Retail”. Dining berisi sejumlah resto yang bekerja sama dengan Club Alacarte. Resto-resto ini menyediakan tawaran promo khusus untuk pengguna aplikasi. Lifestyle & Retail berisi beberapa gerai yang memenuhi kebutuhan gaya hidup, mulai dari klinik kecantikan, spa, hingga laundry.

Lalu, apa saja tawaran promo yang tersedia di Alacarte? Secara umum, ada 3 tipe tawaran yang bisa kita pilihyaitu Beli 1 Gratis 1, % Off, dan IDR Off. Masing-masing tipe memiliki keunggulan, ya.

Contoh kasusnya seperti ini: Suatu saat, kita ingin makan di luar bersama pasangan, nih! Supaya hemat, kita bisa menggunakan tawaran promo 1 For 1. Jadi, ketika kita membeli satu item, kita bisa mendapatkan satu item lain dengan harga yang lebih murah atau sama secara gratis. Hmmm, sangat menggoda, bukaaann?

Lalu, ada pula promo % Off, yaitu potongan harga 50% untuk lifestyle item yang kita beli. Penting loh ini! Khususnya bagi para wanita yang ingin menikmati treatment dari salon tanpa harus menderita kanker (kantong kering). Kalau suami tanya, kita bisa agak membela diri dikitlah. Kan, diskon 50%??

Selain itu, ada pula IDR Off, yaitu potongan harga setelah melakukan pembelanjaan minimum. Berapa potongan harganya? Beda-beda tergantung retailnya. Kita bisa langsung cek dulu di aplikasinya sebelum berbelanja dengan ((DIAM-DIAM)). Itulah menariknya sistem yang digunakan oleh Club Alacarte. Kita tuh nggak perlu lagi tanya-tanya ke pegawai gerai (karena kadang bikin malu) atau menghidupkan radar dengan mata jelalatan nyari banner promo.

Tawaran promo untuk Dining (dokpri)
Tawaran promo untuk Lifestyle &Retail (dokpri)

Kita hanya perlu buka aplikasi, lalu cek penawaran yang sedang berlaku. Cara Redeem pun gampang banget. Saat hendak membayar bill, klik Redeem, masukkan PIN, pihak resto juga memasukkan PIN, dan taraa.. kita langsung mendapatkan potongan harga. Berkelas dan elegan! Dan tanpa drama.

Oh, iya, bagi pasangan yang sering “perang mendadak” karena pertanyaan klasik, “Mau makan di mana?”, aplikasi ini juga ada gunanya, lo! Jadi, kita tinggal scrolling aja deh tuh resto-resto yang tersedia. Saya sih yakin, tawaran diskon kayak gini akan membuat kamu langsung tahu jawabannya.

Yang perlu diingat adalah bahwa aplikasi Club Alacarte berbasis sistem membership. Jadi, bukan semacam tulisan “SALE” di lorong mal yang berlaku untuk sejuta umat. Nggak! Ini tuh aplikasi premium. Mau jadi anak emasnya?? Gampaaangg. Kita tinggal daftar aja jadi member. Hari gini, punya status keanggotaan itu penting, loh! Ada 3 pilihan membership yang tersedia, yaitu 1 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.  Jadi, selama jangka waktu itu, kita bebas nongkrong di resto mana pun yang kita mau! Asal punya waktu aja.

Apakah membership-nya bayar? Gini ya, dengan fasilitas yang ditawarkan oleh Club Alacarte, rasanya tidak akan rugi membayar biaya membership di Club Alacarte. Tarifnya pun fleksibel karena disesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih. So, nggak perlu merasa sia-sia membuang uang jika pada akhirnya akan berguna untuk kita.

Misalnya nih, kita adalah warga lokal Jakarta (untuk sementara Club Alacarte memang baru ada di Jakarta, ya. Semoga dalam waktu dekat juga bisa ke daerah-daerah lain) dan kita cinta mati sama dunia kuliner, langsung daftar membership 12 bulan aja, Kak! Tapi, kalau kita masih galau untuk berkomitmen dan pengen nyoba dulu, kita bisa pilih opsi membership 1 bulan.

Pakenya Mudah, Nggak?

Berbicara mengenai mobile application, salah satu poin mendasar yang sangat penting adalah apakah aplikasi ini user friendly atau ramah pengguna? Di mana-mana, yang namanya “ramah” pasti laris, ye kan! Soalnya, kalau nggak user friendly, kita yang pake jadi bete sendiri. Udah laper, aplikasi ngadat, kencan jadi gagal, sempurna deh!

Nah, di sini saya coba merangkum beberapa hal tentang kualitas aplikasi Club Alacarte berdasarkan pendapat yang seobjektif mungkin.

Pertama, nggak bikin lambat smartphone kamu. Pasti sebel banget kan kalau kita install aplikasi, lalu respons gadget menjadi agak lambat. Apalagi kalau smartphone udah dipenuhi oleh beragam aplikasi nonton dan game. Karena cukup ringan, kamu nggak perlu waswas. Cumaa.. pada saat mau install aplikasi, kamu memang harus agak sigap nih karena waktu untuk pengisian kode verifikasi sangat singkat, yaitu kurang dari 10 detik. Ada baiknya, nyalakan notifikasi email supaya langsung terlihat.

Kedua, desainnya sederhana. Sering nggak sih kamu bingung (atau malah puyeng) ketika buka aplikasi dan ada banyak macam perintilan kecil-kecil di tiap sudut. Butuh perjuangan batin banget untuk milih mana yang harus diklik duluan. Di Club Alacarte, kamu hanya akan dihadapkan pada 2 pilihan saja. NO! Ini bukan POLITIK, yes! Intinya, kamu akan “terbantu” banget untuk mengenali keinginan diri sendiri. Mau makan? Atau cari kebutuhan lifestyle? Udah. Itu aja.

Dengan kombinasi warna yang elegan dan bikin adem pandangan, kamu pun akan semakin santai menentukan pilihan. Di sini juga nggak ada ornamen-ornamen yang nggak penting. Semua tombol yang kamu lihat di aplikasi Club Alacarte sangat fungsional dan berguna.

Ketiga, mudah digunakan. Setelah menentukan pilihan, kamu akan langsung disapa dengan pilihan TOP PICKS yang sedang trending. Jadi, kamu tinggal klik salah satunya. Nggak perlu khawatir jika nama-nama resto ini terdengar asing karena ada informasi singkat pada setiap pilihan, mulai dari alamat, nomor telepon, dan menu beserta harganya. Bahkaaan, ada pintasan langsung ke akun IG dan Facebook resto yang dimaksud. Waw!

Top Picks untuk Lifestyle (dokpri)
Top Picks untuk Dining (dokpri)

Di halaman yang sama, tersedia fitur “Your Offers”, yaitu pilihan promo yang tersedia, termasuk ketentuan yang berlaku. Saat klik Redeem, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai perkiraan penghematan yang bisa kamu lakukan. Ahh, ini nih yang suka bikin tersipu! Hahaha. Oh, ya, saking mudahnya, kamu nggak perlu kursus singkat dulu untuk bisa pakai aplikasi ini. Yang penting niat dan semua akan dimudahkan. Yes!

Keempat, paham dengan konteks pengguna. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa member Club Alacarte adalah masyarakat gaul milenial yang sibuk dengan berbagai urusan. Jadi, soal cari makan pada umumnya dikerjakan sembari menyelesaikan aktivitas lain. Apakah itu memungkinkan untuk pengguna Club Alacarte? Iya, banget. Dengan model box tersusun rapi dan font yang jelas, cukup mudah untuk pilih-pilih opsi tertentu, termasuk untuk menggali informasi yang diperlukan.

Kelima, ada support 24 jam. Mengalami error atau masalah saat menggunakan aplikasi? Ini bisa jadi nightmare, lo. Apalagi jika ada hubungannya dengan duit. Nah, di Club Alacarte, kamu akan dimanjakan dengan layanan 24 jam sepanjang minggu via email. Kamu bisa melayangkan surat keberatan, masukan, atau saran, asal jangan surat cinta. Dukungan berupa aturan penggunaan pun tersedia lengkap dan mudah dipahami.

Alamat yang bisa kamu hubungi (dokpri)

**

Nah, inilah review singkat saya mengenai aplikasi Club Alacarte. Dengan kemudahan yang kini disediakan aplikasi ini, kamu nggak perlu lagi menjadi korban selanjutnya atas situasi awkward seperti yang pernah saya alami. Kamu juga bisa menikmati pengalaman menjelajah kuliner di berbagai resto dan menikmati layanan eksklusif dari lifestyle & retail yang tersedia dengan lebih ELEGAN. Oh, ya, kamu bisa mengunjungi website Club Alacarte untuk informasi lebih lanjut, ya! Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Club Alacarte, Aplikasi Premium Untuk Menjelajah Kuliner Secara Elegan dan Eksklusif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *