Informasi

Cara Meredakan Sakit Akibat Luka Bakar

Sumber foto: www.pexels.com

Pernahkah Anda mengalami luka bakar? Ketika terkena benda panas, kulit manusia akan melepuh, bahkan bisa rusak. Jadi, tidak heran jika orang yang mengalami luka bakar akan merasakan kesakitan yang luar biasa. Sesaat setelah mengalami luka bakar, kulit biasanya akan terasa panas dan sakit. Oleh karena itu, perlu sekali untuk langsung menggunakan pereda sakit, yaitu dengan mengoleskan salep untuk luka bakar.

Namun, bukan hanya menggunakan salep, Anda juga bisa meredakan sakit akibat luka bakar dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini:

1. Minyak kelapa

Jika luka bakar Anda diakibatkan oleh tersiram minyak panas,  sebaiknya jangan langsung khawatir. Olesi kembali bagian yang tersiram minyak panas dengan minyak kelapa yang dingin atau tidak panas. Dengan begitu, rasa sakit dan panas akan sedikit mereda. Namun, pengolesan ini harus langsung setelah kejadian, yaitu ketika kulit belum menunjukkan reaksi seperti melepuh atau menghitam.

2. Mentimun

Anda juga bisa menggunakan mentimun. Caranya yaitu dengan memarut mentimun hingga halus, kemudian tempelkan parutan mentimun di area yang terkena luka bakar. Rasa dingin dari kandungan air mentimun akan meredakan sakit dan panas pada kulit akibat luka bakar. Mentimun tentunya sangat mudah ditemukan sehingga cara ini banyak sekali digunakan untuk pereda sakit akibat luka bakar.

Foto by www.pexels.com

3. Dikompres dengan air suhu ruangan

Anda juga bisa sesekali mengompres bagian kulit yang panas akibat luka bakar dengan air yang memiliki suhu ruangan. Jangan menggunakan air hangat, apalagi air es yang terlalu dingin. Namun, pengompresan hanya dianjurkan untuk luka bakar ringan.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit akibat luka bakar. Perlu diketahui, bahan-bahan ini hanya dianjurkan untuk luka bakar ringan. Jika luka bakar yang Anda alami cukup parah, segeralah pergi ke dokter dan konsultasikan. Pasalnya, jika tidak ditangani secara medis, luka bakar dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan organ lainnya. Rasanya juga pasti sakit dan dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi. Cek lebih lanjut tentang kesehatan di https://www.goapotik.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *