Uncategorized

Insto Dry Eyes, Senjata Ampuh Agar Tetap Produktif

Aktivitas terganggu karena mata sakit

Sekitar 3 minggu yang lalu, saya mengalami konjungtivitis akut. Serem banget! Hampir seminggu saya nggak bisa melihat dengan jelas. Buram semuanya. Kena angin, perih banget. Jangankan bekerja, buka mata aja, berair terus. Alhasil, saya benar-benar off dari segala aktivitas (termasuk ke kantor, mengerjakan tugas rumah tangga, dan scrolling media sosial).  Rasanya menderita banget deh. Bahkan, saya sampai trauma tiap melihat ada semburat merah di ujung mata. Jangan-jangaann.. Ups, jangan lagi deh! Kapok. Bukan hanya karena memang benar-benar sakit, tapi karena rutinitas harian sangat terganggu.

Mengalami masalah kesehatan itu, saya baru benar-benar menyadari betapa mata–seperti halnya bagian tubuh lain–memiliki fungsi yang sangat penting. Sekali sakit, dampaknya dirasakan oleh seluruh tubuh. Bahkan juga bisa merugikan orang-orang terdekat. Kita menjadi tidak produktif. Kita kehilangan banyak kesempatan berharga. Kita jadi suka marah-marah alias sensi kalau diganggu dikit. Beneran, nyesel banget kemarin karena sakit mata sempat mengubah saya menjadi pemarah.

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MATA

Kata orang bijak, setiap peristiwa pasti ada hikmahnya. Itu benar. Mungkin banyak yang tidak saya sadari, tetapi setidaknya saya memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan mata. Betapa hidup penuh tantangan jika tanpa penglihatan. Salut dan kagum sama orang-orang yang masih tetap semangat bertahan hidup meskipun mengalami disabilitas pada fungsi mata.

Saya juga mendapat banyak pengetahuan baru soal menjaga kesehatan mata ketika bertemu dokter spesialis beberapa waktu lalu. Beliau mengatakan bahwa masih ada orang yang kerap kurang peduli terhadap kesehatan mata dan akhirnya menjadi parah. Ada setidaknya 3 gejala yang sering terjadi pada mata dan mudah diabaikan.

Pertama, mata sepet. Tahu nggak penyebab mata sepet itu apa? Ternyata, salah satunya karena kita terlalu sering menatap layar ponsel. Yuk, kita renungkan, berapa lama dalam sehari  menggunakan ponsel? Menurut hasil survei Google Indonesia di 5 kota besar di Indonesia pada 2014-2015 lalu, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 5,5 jam per hari menggunakan ponsel. Wah! Bayangkan betapa sepetnya mata setelah itu.

Saya sendiri menggunakan ponsel hampir setiap waktu. Untuk mengurus pekerjaan. Untuk berkomunikasi dengan suami, rekan kerja, dan teman. Untuk membaca buku digital. Untuk menonton film, kadang-kadang. Hampir semua aktivitas harian menggunakan ponsel.

Rutinitas harian di balik layar komputer

Kedua, mata pegel. Kondisi mata pegel terjadi ketika kita terlalu lama menatap layar komputer. Bagi para pekerja yang berkutat di belakang meja sepanjang hari, ini adalah risiko yang harus dihadapi. Jika tidak pandai-pandai mencari waktu istirahat, kemungkinan mata akan terasa sangat pegel di pengujung hari.

Ketiga, mata perih. Mata bisa terasa perih apabila seseorang berada di ruangan ber-AC terlalu lama. Lagi-lagi, siapa pun rentan mengalami kondisi ini. Dampaknya tentu sangat tidak mengenakkan.

BAHAYA MATA KERING

Ketiga gejala tersebut merupakan gejala mata kering yang tidak boleh diabaikan. Mata kering disebut-sebut berhubungan dengan blepharitis. Kondisi ini dapat menimbulkan peradangan pada kelopak mata. Blepharitis terjadi karena tersumbatnya kelenjar di antara bulu mata karena kulit kering, kotoran, dan infeksi. Padahal, kelenjar ini dapat memproduksi lapisan minyak yang terdapat pada air mata. Tanpa lapisan minyak, air mata akan cepat menguap karena kering.

Mata yang kering berakibat pada lubrikasi yang tidak optimal. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, bahaya paling menakutkan adalah dapat terjadi kebutaan. Pasalnya, kekeringan rentan menyebabkan terjadinya luka pada bola mata.

***

Naik kendaraan bermotor menyebabkan mata cepat kering

Rutinitas saya setiap hari adalah berkendara selama 30 menit ke kantor. Lalu, menghadap layar komputer sepanjang hari untuk menyelesaikan pekerjaan hari itu. Di sela-sela waktu, saya juga masih membalas pesan WA di ponsel, kadang-kadang nyekrol feed IG kalau bosan, dan sebagainya. Sorenya, saya kembali berkutat di jalan raya. Malam? Apalagi kalau bukan mengisi waktu dengan menonton televisi. Semua kegiatan tersebut rentan menyebabkan mata kering.

Awalnya, saya belum tahu kalau rasa sepet, pegel, atau perih pada mata adalah pertanda bahwa mata mengalami kekeringan. Saya kita, mata lelah itu akan sembuh sendiri kalau dibawa tidur. Biasanya, mata hanya dikucek sebentar sambil berharap rasa mengganjal segera menghilang. Faktanya tidak semudah itu. Pernah sampai beberapa hari mata terasa kurang nyaman dan konyolnya saya biarkan saja.

Insto Dry Eyes, solusi mata kering

Beruntung, saya akhirnya mengenal Insto Dry Eyes, solusi yang paling efektif untuk mata kering. Insto Dry Eyes berfungsi sebagai air mata buatan yang dapat mengatasi kekeringan pada mata. Insto Dry Eyes juga berguna sebagai pelumas pada mata. Bahkan, hebatnya lagi, tetes mata ini mengandung bahan aktif yang dapat membunuh bakteri. Wuaahh, keren banget, bukan?

Jadi, dengan satu langkah sederhana, kita ternyata bisa mengatasi risiko yang membahayakan mata akibat rutinitas harian. Sekarang, berbekal Insto Dry Eyes, saya bisa mengucapkan selamat tinggal pada mata kering yang mengganggu sehingga dapat lebih produktif sepanjang hari.

Yuk, segera sedia Insto Dry Eyes di dalam tas atau kantong untuk dipergunakan tiap kali diperlukan.

Informasi

Pernapasan Lebih Lancar, Anak-anak Pun Lebih Ceria

Image by Rashed Khan from Pixabay

Agar anak-anak merasa nyaman dengan sistem pernapasannya ketika sedang pilek, kita perlu melakukan langkah pengobatan segera. Pilek yang diderita anak-anak bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah rhinitis alergi. Agar pilek  sembuh, Anda bisa memberikan obat pilek untuk anak. Namun, jika ingin melakukan pengobatan secara alami, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dua trik berikut bisa dicoba.

Image by trang huyền from Pixabay

Mandi Air Hangat

Ketika anak sedang mengalami pilek, tak jarang orang tua ragu untuk memandikan anak. Memandikan anak seringkali dipercaya dapat membuat pilek semakin menjadi-jadi. Namun, hal tersebut tidak berarti Anda tidak boleh memandikan anak sama sekali. Sebab, Anda bisa memanfaatkan air hangat untuk memandikan anak saat sedang pilek.

Memandikan anak dengan air hangat bisa menjadi salah satu terapi untuk menyembuhkan pilek yang dideritanya karena air hangat dapat membantu melegakan pernapasan anak ketika sedang pilek. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan lap untuk membilas anak apabila memandikannya dirasa terlalu berisiko. Dengan demikian, anak bisa tetap bersih sekaligus tindakan ini dapat membantu menyembuhkan pilek yang dideritanya.

Image by adhadimohd from Pixabay

Perbanyak Cairan

Ketika cairan tubuh anak tercukupi, sistem kerja tubuhnya pun akan tetap terjaga. Tak hanya itu, produksi lendir secara berlebih juga tidak akan mengurangi cairan tubuh yang ada di dalam tubuh anak. Untuk mengatasi pilek yang dialaminya, Anda bisa mencampurkan air hangat dengan jeruk nipis serta tambahan sedikit madu di dalamnya. Cairan tersebut mampu secara efektif mengatasi pilek yang dialami anak sekaligus membuat cairan dalam tubuhnya tetap terjaga.

Itulah dua cara yang bisa dilakukan utnuk meredakan pilek pada anak tanpa menggunakan obat pilek untuk anak. Anda bisa mendapatkan berbagai obat dengan praktis dan mudah di Go Apotik. Kunjungi juga laman ini https://www.guesehat.com/masalah-ringan-pada-anak-yang-bisa-jadi-adalah-gejala-kanker/page/3untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dari Guesehat. Semoga bermanfaat.

Informasi

Lindungi Hak Kekayaan Intelektual Bersama DJKI

Meskipun kadarnya berbeda-beda, tiap pribadi memiliki kualitas kemampuan intelektual yang cukup untuk bertahan hidup. Dengan pelatihan dan pengalaman, kemampuan tersebut dapat berkembang dan menghasilkan karya-karya yang kemudian disebut sebagai “kekayaan intelektual”.

Masalah yang terjadi saat ini adalah masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual. Akibatnya banyak kasus pelanggaran hukum yang bermunculan. Salah satu contoh yang akrab dengan keseharian adalah pembajakan CD/DVD.

Ada banyak kerugian yang terjadi akibat kelalaian dalam memahami Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Akibat pemalsuan perangkat lunak, infeksi malware rentan terjadi. Pemilik kekayaan intelektual pun kehilangan hak untuk mendapatkan keuntungan atas karyanya.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI bersinergi dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi karyanya. Adanya nota kesepahaman di antara kedua kementerian ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan haknya sekaligus memotivasi pemilik kekayaan intelektual untuk mendaftarkan karya tersebut.

Undang-undang tentang HAKI

Salah satu di antaranya adalah penyelenggaraan event bertajuk Forum Sosialisasi Kepatuhan Terhadap Hak Kekayaan Intelektual yang diadakan di Hotel Sheraton pada Kamis, 25 Juli 2019. Sejumlah narasumber hadir, di antaranya:

Drs. Bambang Gunawan M.Si selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan di Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.

Handi Nugraha, S.H, M.H selaku Kasi M. Kerjasama Lembaga Non Pemerintah dan Monitoring Kemenkumham.

Drs. Lucy Irawati selaku Kepala Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

Dipandu oleh Rihari Wulandari S.H, M.H, forum yang bertujuan untuk meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap HAKI ini berjalan dengan lancar.

Ada banyak hal menarik yang disampaikan oleh para narasumber, saya akan tuliskan dalam beberapa poin penting:

Mengapa Hak Kekayaan Intelektual harus dilindungi?

Jawabannya adalah karena Kekayaan Intelektual memiliki nilai ekonomis. Artinya, karya tersebut laku dijual. Kalau tidak dilindungi, orang lain dapat menjiplak atau menirunya, lalu menghasilkan uang dari karya tersebut. Dalam hal ini, pemilik karya tentu akan rugi. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua Hak Kekayaan Intelektual dilindungi, tetapi hanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apa saja yang disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual?

Perlu dipahami bahwa Hak Kekayaan Intelektual terbagi atas 2 bagian besar, yaitu Hak Cipta dan Hak Terkait serta Kekayaan Industri.

Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif atas karyanya di bidang seni, literatur, dan ilmu pengetahuan. Artinya, pemilik hak ini harus melakukan deklarasi untuk menunjukkan kepemilikannya terhadap Kekayaan Intelektual tersebut. Jika tidak ada publikasi, maka tidak ada bukti yang bisa menunjukkan kepemilikan hak sehingga tidak bisa diklaim. Sementara itu, Hak Terkait adalah hak yang terkait dengan hak cipta, di antaranya hak artis, hak prosedur rekaman, dan sebagainya.

Kekayaan Intelektual yang termasuk dalam Kekayaan Industri adalah merek, paten, desain industri, indikasi geografis, dan sebagainya.

Salah satu bagian dari Kekayaan Industri ini adalah merek. Bentuk merek dapat berupa grafis, gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, yang berguna untuk membedakan barang dan jasa yang diproduksi oleh orang atau atau badan hukum. Karena fungsinya sebagai pembeda, merek benar-benar harus berbeda dari yang sudah pernah ada. Bahkan, mirip saja tidak boleh. Jika ada indikasi mirip dengan merek lain (termasuk yang sudah terkenal), besar kemungkinan merek tersebut tidak disetujui pengajuan Hak Kekayaan Intelektualnya. Hal seperti ini seharusnya dipahami oleh masyarakat yang ingin mengajukan pencatatan terhadap karya atau produknya.

Apa saja asas umum yang berlaku pada pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual?

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

*Sertifikat HAKI yang dikeluarkan oleh DJKI berlaku secara nasional atau teritorial.

*First to File System yang artinya hak ini dimiliki oleh orang yang perama kali melakukan pendaftaran, kecuali untuk Hak Cipta yang dimiliki oleh orang yang pertama kali mempublikasikannya.

*Mensyaratkan kebaruan/novelty dan orisinalitas (kecuali merek) yang artinya harus bersifat orisinal dan baru.

*Ada jangka waktu perlindungan dan tidak bisa diperpanjang kecuali merek. Setelah waktu perlindungan selesai, maka hak tersebut menjadi milik umum dan dapat digunakan secara bebas.

*Jika terjadi pelanggaran, jenis deliknya adalah delik aduan. Artinya, hanya orang yang bersangkutan yang berhak untuk mengadukan apabila terjadi pelanggaran hak. Ini berbeda dengan delik umum yang bisa dilaporkan oleh setiap orang yang mengetahui terjadinya pelanggaran tersebut. Oleh karena itu, setiap pemilik karya atau produk harus menyadari haknya

Apa saja hal yang harus diperhatikan untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mengajukan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, yaitu:

*Pertama, kenali dulu jenis kekayaan intelektualnya

*Kedua, lakukan searching atau penelusuran terkait Kekayaan Intelektual yang hendak didaftarkan.

*Ketiga, tentukan strategi daftar yang paling menguntungkan pemohon.

*Keempat, manfaatkan teknologi informasi yang tersedia.

*Kelima, konsultasikan dengan ahlinya, misalnya konsultan Kekayaan Intelektual.

Nah, sistem Kekayaan Intelektual ini diharapkan dapat membentuk suatu lingkungan atau suasana di mana kreativitas dan inovasi dapat berkembang dengan baik. Dengan demikian, akan lahir karya-karya yang berkualitas. Bukan hanya di bidang seni atau literatur, tetapi juga para produk-produk UMKM.

#cerdashukum

#forumHKIkominfo_yogya

Informasi

3 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Image by Pexels from Pixabay

Kulit bayi tidak seperti kulit orang dewasa pada umumnya. Dibutuhkan perawatan dan perhatian khusus agar seorang bayi memiliki kulit yang sehat dan terawat serta terhindar dari berbagai macam masalah. Kulit bayi yang masih sangat sensitif akan mudah terkena berbagai macam permasalahan, khususnya ketika para orang tua kurang teliti saat melakukan perawatan.

Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan oleh semua orang tua agar bayi memiliki kulit yang bersih dan sehat adalah dengan memilih sabun bayi yang aman yang akan digunakan setiap hari. Sabun adalah salah satu perlengkapan perawatan bayi yang sangat berpengaruh terhadap kebersihan permukaan kulit tubuh bayi. Sabun tersebut mampu mengangkat dan membersihkan berbagai macam debu dan kotoran yang menempel secara tidak langsung pada permukaan kulit tubuh bayi.

Sabun bayi memiliki kandungan yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan sabun orang dewasa karena karakteristik kulit yang memang berbeda. Meskipun demikian, ketika akan membeli sabun yang akan digunakan untuk sang buah hati, diperlukan ketelitian yang sangat cermat dari semua orang tua, salah satunya adalah harus memilih sabun bayi aman anti bakteri. Selain mampu membersihkan dengan sangat baik, sabun yang digunakan juga harus bisa memberikan rasa aman tanpa mengakibatkan efek samping yang membahayakan kesehatan kulit.

Image by StockSnap from Pixabay

Selain pemilihan sabun, ada 3 cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

  1. Selektif dalam memilih perlengkapan perawatan bayi. Selain sabun, popok, lotion hingga deterjen yang digunakan untuk membersihkan pakaian bayi juga harus dipilih dengan sangat selektif. semua perlengkapan perawatan bayi tersebut harus aman digunakan dan cocok untuk jenis karakteristik kulit bayi.
  2. Jangan terlalu lama menjemur bayi di bawah sinar matahari. Pagi hari adalah saat-saat terbaik untuk menjemur sang buah hati. Akan tetapi kegiatan tersebut jangan sampai dilakukan terlalu lama karena sangat berisiko menyebabkan radiasi dari paparan sinar matahari.
  3. Menjaga suhu air yang digunakan untuk mandi agar tidak terlalu panas.
Informasi

Nabung Dapat Hadiah, Hanya SOBATKU Yang Bisa Kasih!

Pengundian Grand Prize SOBATKU 2019 (dokpri)

Nabung? Apa itu nabung?

Sebagian dari kita mungkin kurang akrab dengan kebiasaan “MENABUNG” dalam keseharian. Bisa jadi karena memang belum menjadi gaya hidup. Atau, mungkin sudah berusaha tetapi sulit untuk konsisten karena mempertimbangkan keinginan kebutuhan yang mendesak. Ada juga yang sudah menabung, tetapi di tengah jalan mendadak membobol tabungan. YA, KAPAN PENUHNYA? HAHA.

Memang ada banyak alasan untuk tidak menabung, ya kan? Kalau sudah begini, jangan harap deh bakal dapat benar-benar menabung. Karena menurut kata orang, “Segala sesuatu dimulai dari NIAT!” Tanpa niat, tujuan sebesar apa pun akan sulit untuk diwujudkan. Namun, dengan niat, mengerjakan sesuatu dengan modal sekecil apa pun juga pasti bakal ada hasilnya.

Kalau nggak percaya, boleh DICOBA.

Caranya bagaimana? Sini saya kasih tahu, Kak!

Jadi, ceritanya kemarin Minggu (14/7), saya mengikuti event Undian Grand Prize SOBATKU yang digelar di Ambarukkmo Plaza atau dikenal juga dengan nama Amplaz. NIAT-nya sih ingin menonton penampilan Pongki Barata karena menurut informasi belio bakal hadir. Mumpung hari Minggu, saya kan butuh me time juga. Hehehe. Rencananya, habis nonton, saya mampir di Pempek Ny. Kamto, kemudian beli Breadtalk, lalu pulang. Yaaaa, jangan salah, gitu aja udah bikin senang kaum mamak-mamak, lhoh!

Ternyata kan sebelum Mas Pongki tampil (eaak!), ada acara pengundian Grand Prize dari SOBATKU. Bagi yangbelum tahu, SOBATKU adalah KSP alias Koperasi Simpan Pinjam berbasis online yang telah terdaftar secara RESMI di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, soal legalitas sudah nggak perlu ditanya, ya, Sobat!

Bahkan, kemarin juga ada perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, yaitu Bapak Suparno S.E. M.M (Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM RI) dan Bapak Ir. Luhur Prajadjarto (Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI). Lalu, Bapak Agung Sudjatmoko, Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia juga turut hadir. Beliau-beliau ini ikut menjelaskan bagaimana SOBATKU dapat menjadi salah satu alternatif tempat menabung seperti layaknya koperasi, tetapi dengan format masa kini.

Saya sendiri sudah merasakan manfaat mengikuti koperasi. Sejak kecil, orang tua saya adalah anggota koperasi. Setelah menjadi pekerja dan orang tua, saya juga bergabung dengan koperasi. Tujuan pertamanya MENABUNG, lalu yang kedua adalah menikmati bonus tambahan berupa SHU (sisa hasil usaha). Lumayan juga.

Nah, konsep SOBATKU mengikuti konsep koperasi. Selain dapat menabung, para nasabah pun bakal menikmati bonus tambahan. Bedanyaaa, bonus tersebut diberikan dalam bentuk HADIAH yang penerimanya ditentukan melalui sistem UNDIAN.

Ada yang kecewa karena tidak diterima langsung? Eits, jangan dong! Pasalnya, hadiah yang diberikan oleh SOBATKU itu buanyaaaakkk dan mantab jiwa. Seperti yang kemarin saya saksikan itu tuh. Ada hadiah UMROH untuk 4 nasabah dan uang tunai sebanyak 100 JUTA!

Astagaaaaa! Mimpi nggak sih ini? Mana ada pada zaman sekarang bisa mendapatkan uang 100 Juta (secara halal) hanya dengan MENABUNG? Tapi, ini beneran, bukan tipu-tipu. Mengapa saya berani bilang begitu? Karena saya turut hadir menyaksikan sendiri pengundian Grand Prize yang diadakan kemarin. Bukan hanya saya, tetapi seluruh manusia yang datang ke Amplaz juga boleh kok melihat. Prosesnya terbuka, jujur, no abal-abal.

    Proses pengundian disaksikan oleh pihak terkait (dokpri)

Yang menang, tentu yang paling beruntung yaaaa hehe. Atau, yang doanya paling kenceng. Bisa jadi ini menjadi pintu rezeki juga lho. Bagi kamu yang sedang menunggu-nunggu untuk mendapatkan modal usaha misalnya. Nggak tertutup kemungkinan, kamu mendapatkan hadiah ini.

SYARATNYA cuma satu aja. NABUNG di SOBATKU! Udah. Titik.

Gimana, ada yang tertarik? Gampang banget!

Langkah pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi tabungan online ini. Ada di Playstore ya, cari saja SOBATKU.

Kemudian, mulai deh menabung. Caranya: bisa dengan melakukan TOP UP melalui bank transfer atau setor tunai di Alfamart. Kamu juga bisa melakukan setor tunai di cabang Sahabat UKM. Semudah itu memang.

Nah, semakin besar tabungan kamu, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan HADIAH dari SOBATKU. Karena, setiap rupiah yang kamu simpan akan dihitung menjadi POIN.

Untuk perhitungan POIN, ada ketentuannya ya, Sobatku. Contohnya gini, jika saldo rata-rata di tabungan SOBATKU milikmu antara Rp50.000-Rp499.999, maka setiap Rp50.000 dihitung 10 poin. Nah, demikian seterusnya.

Jadi, strateginya kalau mau menang tentu harus menabung lebih BANYAK lagi!

Imbauan ini samasekali nggak merugikan lho, malah akan menjadi pendorong niat untuk menabung. Seperti yang saya sebutkan di awal, niat kadang-kadang menjadi penyebab kita gagal melakukan sesuatu. Dan saya rasa SOBATKU memahami hal itu. Lalu, dengan cermat menyusun strategi supaya kita-kita yang malas menabungi ini semakin terpacu untuk menyisihkan uang demi mendapatkan hadiah masa depan yang cerah.

Jangan lupa, proses pengundian dilakukan secara terbuka TIAP BULAN. Hadiah mulai dari Rp100.000 hingga Rp100.000.000. Bikin mupeng, nggak sih? Makanya ayo segera nabung, yuk. Siapa tahu aja kita bisa mengikuti jejak Bapak Sumitro dari Sintang yang berhasil mendapatkan Grand Prize 100 juta atau mendapatkan hadiah umroh senilai Rp25.000.000.

**

Okelah, tidak perlu berpanjang-panjang lagi. Saya telah menceritakan pengalaman kemarin yang membukakan mata. Pastinya, saya ingin terus menambah saldo. Bukan tidak mungkin, dengan NIAT tersebut saya menjadi BERUNTUNG. Hihi.

Nah, kalau kamu bagaimana, tertarik juga nggak jadi Jutawan Sobatku?

Mas Pongki nggak kelihatan karena dikerubungi penggemar (dokpri)

P.S Pongki ternyata lucuk ya! Hahaha. Lucu maksudnya lucu lho gaes, bukan lucu imut-imut. Awet muda, iya.

Terima kasih sudah membaca ceritaku, yaa! Sampai ketemu lagi..

Informasi

Acer Day 2019; Saatnya Berbelanja Laptop Idaman dan Raih Sejumlah Hadiah Spesial

Pre-launching Acer Day 2019 di Yogyakarta

Holaaa, bertemu kembali dengan saya di sini. Bagaimana kabarnya, nih? Baik?

Kali ini, saya akan menceritakan sedikit mengenai pengalaman mengikuti acara peluncuran beberapa produk terbaru Acer, di antaranya laptop ultra tipis Swift 7, laptop gaming Nitro 7, serta ConceptD series.

Nino Wirawan – Consumers Sales General Manager Acer Indonesia sedang memperkenalkan produk terbaru Acer (dokpri)

Acara peluncuran ini merupakan rangkaian kegiatan Acer Day 2019 yang diselenggarakan tiap tahun guna merayakan anniversary Acer. Tahun ini, Acer tepat berusia 20 tahun hadir di Indonesia. Sungguh waktu yang tidak singkat, ya. Oleh karena itu, tema  yang diusung kali ini pun nyerempet-nyerempet dikit pada angka XX yaitu “Xtra Fun, Xtra Cool“.

BERTABURAN HADIAH

Dalam rangka perayaan tersebut, Acer ingin memanjakan para pelanggan setia dengan memberikan 2222 hadiah seru, di antaranya 20 laptop tipis Swift 3 Acer Day Edition, 200 Predator Gaming Headset, dan 2000 Nitro Backpack. Saya mau tuh laptopnya, HAHA.

Namun, hadiah yang paling menarik dan terbaik adalah trip wisata ke Korea! We O We! Siapa sih yang tidak doyan traveling. Apalagi jika kesempatan tersebut datang tiba-tiba dan gratis.

Nah, untuk  memenangkan hadiah tersebut, caranya gampang benget, kok! Langkah pertama adalah melakukan registrasi di website Acer Day. Selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan pembelian laptop terbaru Acer untuk mendapatkan poin reward. Pembelian tersebut harus dilakukan dalam periode Acer Day 2019, yaitu 18 Juli – 30 September 2019. Apabila beruntung, kamu dapat membawa pulang salah satu hadiah tersebut atau bahkan akhirnya bisa mewujudkan mimpi untuk berkunjung ke Korea.

Selain hadiah, penawaran lain yang PASTI akan kamu dapatkan adalah cashback hingga dua juta rupiah tiap pembelian produk terbaru selama periode berlangsung. Ada pula berbagai hadiah langsung berupa produk senilai Rp3,6 juta rupiah. Jenis hadiahnya macam-macam yah, guys, bukan cuma satu saja.

Yang lebih penting adalah kamu juga akan mendapatkan layanan Office 365 untuk setiap laptop yang dibeli selama periode Acer Day 2019. Jadi, tidak perlu bingung lagi, ya. Office 365 memenuhi kebutuhanmu, baik sebagai profesional maupun pelajar. Apa? Masih kurang juga? Ada garansi resmi selama 3 tahun yang diberikan khusus untuk produk Acer yang dibeli pada promo Acer Day ini.

Coba, bagaimana tidak mupeng dan langsung menyusun strategi untuk mengumpulkan dana demi bisa menenteng pulang laptop-laptop keluaran terbaru dari Acer ini??

PRODUK TERBARU

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, Acer Day 2019 juga merupakan momen spesial yang sekaligus merupakan peluncuran resmi beberapa produk terbaru Acer.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Swift 7 yang melengkapi beberapa seri sebelumnya, yaitu Swift 5, Swift 3, Swift 3 Infinity, Swift 3 Air, dan Swift 3 Ryzen. Salah satu ciri khas dari Swift 7 adalah tampilannya yang sangat slim dan elegan. Haduh, melihatnya sekali saja, saya langsung jatuh hati.

Salah satu produk Swift yang slim abis (dokpri)

Oke, mari kita ulas sedikit ya keunggulannya. Siapa tahu kamu ikut terpesona.

SWIFT 7

#Swift 7 adalah notebook dengan ukuran layar 14 inci. Ukuran ini adalah ukuran standard untuk kebutuhan pelajar maupun profesional.

#Notebook ini sangat tipis, manteman! Hiy, saya sampai merinding deh saking pengennya. Tipis itu maksudnya tipis banget karena bahkan tidak mencapai 1 cm. Yap, Swift 7 hanya seukuran 9,95 mm. Diselipin di tas belanja bisa kaliiii. Ohya, beratnya hanya 890 gram pula. Astaga, idaman saya banget ini.

#Dari segi tampilan, Swift 7 memiliki desain yang eksklusif dan premium sehingga enggak malu-maluinlah ditenteng ke mana-mama bertemu klien atau diajak menyelesaikan deadline di coworking space. Eaa! Anak gaul bangetz. Yah, setidaknya kamu bakal tampil lebih elegan dengan menenteng laptop setipis ini.

#Keunggulan lainnya adalah memiliki daya tahan baterai hingga 16 jam! Dengernya saja saya sampai tahan napas, lho! Bayangin deh, selama 16 jam dan kamu enggak perlu ngecas segala. Cocok banget bagi yang senang bepergian atau memiliki mobilitas tinggi. Tentunya, laptop ini akan membantumu untuk tetap produktif dalam kondisi apa pun.

#Terkait kecepatan, Swift 7 dilengkapi dengan 2 port USB Type-C yang mendukung Thunderbolt 3, USB 3.1 Gen 2, dan Display Port 1.2. Kalau kamu bertanya, ini gunanya untuk apa sih? Gini lho, kalau mau ngopi file kerjaan (atau drama korea, mungkin?) dari rekan kerja, waktu yang dibutuhkan tidak lama karena kelengkapan ini mempercepat pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Intinya adalah mendukung efisiensi waktu kamu yang (sok) sibuk ehehe.

#Lainnya adalah screen to body ratio yang mencapai 92% dengan lebar bezel yang nyaris tanpa bingkai. Iya, bingkainya hanya 2,57 mm. Belum lagi dengan dukungan layar IPS Full HD 14″ membuat tampilan menjadi lebih memukau.

#Spesifikasi lainnya adalah prosesor yang didukung oleh Intel Core i7-85000Y, dengan memori sebesar 16 GB RAM, dan storage 512 GB SSD. Ada 2 pilihan warna yang tersedia, yaitu black and white. Saya sih bakal memilih WHITE kalau nanti punya rezeki untuk mengadopsi Swift 7 ini. Asyek!

NITRO 7

Selanjutnya adalah New Nitro 7, laptop gahar untuk para gamers. Nitro 7 juga melengkapi seri sebelumnya yang telah beredar di pasar, yaitu Nitro 5 dan Nitro 5 Spin.

[Sekilas info, dalam mengembangkan produk-produknya, Acer kini fokus untuk kebutuhan pelajar, kalangan profesional, maupun gamers. Kelompok yang terakhir ini dinilai semakin banyak jumlahnya sehingga perlu disediakan pilihan terbaik untuk mendukung hobi mereka].

Untuk Nitro 7, beberapa keunggulan utamanya adalah memiliki power dan performance yang sangat baik. Didukung oleh prosesor Intel Core generasi ke-9 dan grafis NVIDIA GeForce GTX terbaru. kamu pun akan lebih cepat mengunduh game terbaru dengan dua slot SSD M.2 Gen3 x 4 PCIe. Ingin menyimpan lebih banyak game di laptop? Tidak masalah karena memori penyimpanan HDD mencapai 2 TB. Aihh!

Untuk bobot, Nitro 7 memang lebih berat yaitu mencapai 2,5 kg dengan tebal 19,9 mm. Ini masih termasuk standard kok dan masih memungkinkan juga untuk dibawa ke mana-mana. Dari segi desain, laptop ini cukup mewakili keberadaan kamu sebagai gamer sejati yang selalu siap everytime everywhere, hehe.

Selanjutnya, dari segi visualnya–poin ini bagi para gamers tentu sangat penting–gambar yang dihasilkan sangat tajam dan nyata karena layar FHD IPS 15.6″. Kamu juga dapat menikmati gameplay yang mulus dan bebas blur dengan refresh rate 144Hz. Screen to body ratio adalah 78% dengan ukuran bezel 7.48 mm.

CONCEPTD

ConceptD 5 Laptop 4K UHD (Acer doc.)

Nah, seri terbaru ConceptD khusus diperuntukkan bagi para kreator. Saat ini, profesi ‘content creator” sangat populer, bukan? Acer memiliki keinginan untuk mendukung para kreator ini dengan lini terbarunya ConceptD. Melalui Concept D, para kreator diharapkan dapat menciptakan karya terbaru, baik dalam bentuk video, musik, film, maupun ilustrasi secara maksimal. Keunggulan utamanya sih pada high color accuracy dan color gamut dengan Delta E<2 dan 100% Adobe RGB.

***

Melihat berbagai produk terbaru dari Acer, saya sempat kepengen juga. Bagaimana tidak, sudah lama banget sejak saya membeli netbook pertama saya. Netbook yang merupakan salah satu produk Acer seri Aspire One tersebut telah setia menemani mulai 2009 hingga sekarang dan jarang sekali rewel. Awet sekali, bukan?

Jadi, tidak ada salahnya kamu juga mencoba ketangguhan salah satu produk Acer ini, khususnya pada Acer Day 2019. Siapa tahu, kamu beruntung mendapatkan hadiah spesial!

 

Informasi

LKS SMK 2019, Kesempatan Unjuk Gigi Bagi Pelajar SMK Berbakat

LKS SMK 2019 (dokpri)

Kesuksesan adalah milik mereka yang berhasil beradaptasi dengan perubahan zaman.

Kesempatan menyaksikan momen penutupan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 9-11 Juli lalu sangat saya syukuri. Bagaimana tidak, kesan yang saya rasakan masih membekas hingga sekarang.

Kemeriahan event LKS SMK ke-27 tersebut mencapai puncaknya pada Jumat, 12 Juli 2019. Acara penutupan diadakan di Sleman City Hall, sebuah mall yang terbilang baru di Yogyakarta, tepatnya di wilayah Denggung, Sleman. Di sebuah aula besar di Lantai 3, para peserta lomba dan panitia berkumpul untuk merayakan keberhasilan pelaksanaan LKS tahun ini.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.Si yang menyampaikan sambutan. Beliau mengatakan bahwa LKS SMK 2019 ini merupakan salah satu acara bergengsi karena merupakan ajang berkumpulnya para siswa-siswi berprestasi dan berbakat dari seluruh Indonesia.

Sejumlah anggota kontingen dari berbagai daerah di Indonesia (dokpri)

Ya, 34 provinsi di Indonesia memang mengirimkan kontingennya untuk hadir dan mempertunjukkan kebolehannya dalam berbagai kategori lomba yang diadakan, mulai dari Aceh hingga Papua. Bayangkan, betapa ramai dan serunya momen ini. Saya saja yang ikut hadir mengikuti acara penutupan merasa kagum karena aura penuh semangat yang tercipta di dalam gedung. Harus penuh semangat dong, ya! Anak-anak SMK ini kan generasi penerus bangsa!

Oh, ya, sebelum acara dimulai, para hadirin telah dihibur oleh penampilan dari sejumlah murid SMKN Musik Kasihan Bantul. Suara mereka oke-oke lho, guys! Nggak kalah deh sama yang ikut ajang pencarian bakat. Lagu-lagu merdu berkumandang–termasuk Yogyakarta dari KLa Project–membuat suasana semakin hangat.

Pertunjukan dari SMKN Musik Kasihan (dokpri)

Selain itu, ada pula pagelaran sendratari Nyai Ahmad Dahlan yang dibawakan oleh Duta Seni Pelajar Kontingen DIY. Pertunjukan ini menarik banget karena mengingatkan kembali mengenai sejarah pendidikan di Indonesia. Sayangnya, saya duduk di bagian belakang sehingga kurang maksimal saat menyimak.

Acara puncak pada malam penutupan adalah pengumuman pemenang lomba dari tiap kategori yang dipertandingkan di LKS SMK 2019. Namun, sebelumnya seluruh hadirin diajak untuk menyaksikan video kilas balik pelaksanaan acara selama beberapa hari tersebut.

Berfoto bersama mengabadikan kenangan(dokpri)

Di tengah menonton video, saya menyadari betapa siswa-siswi SMK yang ikut ajang ini sangat berbakat. Mereka melakukan tiap tugas yang diberikan layaknya seorang profesional. Yang mengambil jurusan otomotif, misalnya, terlihat sangat lihai mengutak-atik mesin. Yang mengambil jurusan tata boga, mampu menciptakan produk makanan yang tampak lezat dan cantik.

Tampak jelas bahwa SMK saat ini telah bertransformasi begitu rupa, menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, sesuai dengan tema yang diangkat, “Kompeten  Menyongsong Industri 4.0″.

Pertanyaan seputar, “Akan bekerja di mana setelah setelah lulus sekolah atau kuliah?” tampaknya bukan lagi hal yang perlu dikhawatirkan.

Bermodalkan keahlian, masa depan tentu terlihat lebih cerah. Betul, kan?

Dalam kesempatan menonton kilas balik ini pula, para peserta LKS SMK 2019 terlihat sangat bahagia. Ketika melihat wajahnya dan wajah teman-temannya terpampang di layar lebar, seruan yang riuh terdengar membahana. Kesempatan ini tentu merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi mereka. Berkumpul bersama teman-teman seperjuangan dari seluruh Indonesia. Mereka pun dapat mulai belajar untuk menjalin jejaring, yaitu modal penting lain setelah keahlian.

Selanjutnya, pengumuman pemenang pun dilakukan. Kategori yang dilombakan pada tahun ini ada banyak sekali. Pada tiap kategori akan ditentukan 3 juara terbaik. Masing-masing berhak untuk mendapatkan sejumlah uang tunai dari para sponsor.

Secara bergantian, MC menyebut nama-nama SMK dari berbagai kota. Saya amati, kemampuan tiap SMK hampir merata. Bukan hanya sekolah-sekolah di Jawa saja yang berhasil menggondol prestasi luar biasa, tetapi juga sekolah di luar Jawa. Hal ini menandakan bahwa pendidikan di Indonesia semakin baik dari waktu ke waktu.

***

Sebelum mengikuti event yang diinisiasi oleh Ditjen Dikdasmen Kemdikbud ini, saya tidak begitu mengenal SMK. Sebagian besar anggota keluarga, termasuk saya sendiri mengikuti pendidikan menengah atas di SMA. Tak bisa dimungkiri, ada stigma yang berbeda tertempel pada sekolah ini. Ada saja yang mengatakan bahwa anak-anak SMK adalah “anak-anak buangan” atau tidak berprestasi. Namun, ajang kali ini membuktikan bahwa pernyataan tersebut samasekali SALAH BESAR! Anak SMK masa kini ternyata kompeten dan menjadi salah satu modal bangsa ini untuk melangkah maju mnghadapi tantangan pada era Revolusi Industri.

Sebagai seorang ibu, melihat prestasi siswa-siswi SMK pada ajang LKS 2019 memberikan insight yang baru. Bahwa SMK dapat menjadi alternatif pendidikan bagi anak-anak setelah tamat SMP. Apalagi jika orang tua berkenan anak menjadi wirausaha atau langsung bekerja setelah lulus jenjang pendidikan menengah atas.

Saya berharap momen-momen seperti ini menjadi pemacu semangat. Bukan hanya para peserta yang menang, tetapi juga yang gagal membawa medali. Perjalanan tidak berhenti sampai di sini. Namun, perjalanan tersebut masih panjang. Ajang ini juga dapat membuka mata lebih banyak orang, untuk tidak lagi memandang sebelah mata pada para lulusan SMK. Semoga pemerintah terus memberikan perhatian secara konsisten terhadap SMK sehingga dapat menjadi wadah untuk mencetak anak-anak bangsa yang berprestasi hingga ke dunia internasional.

Sekali lagi, SELAMAT dan SUKSES bagi yang berhasil memenangkan LKS SMK 2019. Semoga ilmunya bermanfaat bagi sesama dan bangsa Indonesia. Amin!

Rangkaian acara LKS SMK 2019 (1)
Rangkaian acara LKS SMK 2019 (ist)
Rangkaian Acara LKS SMK 2019

Untuk informasi lebih lanjut seputar berbagai event pendidikan di Indonesia, Anda juga bisa mengunjungi Twitter atau Instagram Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Informasi

Manfaat Hearing Aid dan Keterbatasannya

Image by OpenClipart-Vectors from Pixabay

Gangguan pendengaran tentu akan mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan. Jika dibiarkan dan tidak ditangani, dalam jangka panjang, penurunan auditori, penurunan kognitif, ingatan dan gangguan kesehatan umum lainnya, akan terjadi.  Hearing aid Jakarta hadir sebagai salah satu solusi bagi masalah tersebut.

Alat pendengar telinga tak hanya berguna untuk meringankan kesulitan dalam berkomunikasi, tetapi untuk mencegahnya menjadi gangguan mental dan kesehatan yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keterbatasan alat bantu pendengaran.

6 Manfaat Utama dari Alat Bantu Dengar

1. Memudahkan pendengaran dan mengurangi ketidaknyamanan saat mendengar

Penggunaan alat bantu dengar memberi kenyamanan dalam mendengar bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

2. Menghindari Dementia dan Alzheimer

Selain memberi kenyamanan bagi penderita gangguan pendengaran, manfaat yang selanjutnya ialah menghindari resiko Dementia dan Alzheimer (kepikunan).

3. Meningkatkan keseimbangan

Terjadinya masalah dalam sistem pendengaran mempengaruhi keseimbangan seseorang sehingga manfaat yang ditawarkan alat bantu dengar ini pun dapat meningkatkan keseimbangan,

4. Meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri

Tentu ketika Anda atau orang terdekat Anda mengalami gangguan pendengaran, hal itu berpengaruh pada rasa percaya diri. Nah, hearing aid dapat meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri, lho.

5. Menghindarkan isolasi sosial yang dapat merujuk pada depresi

Selain beberapa manfaaat tersebut, keberadaan alat bantu dengar ini dapat menghindarkan seseorang dengan keterbatasan pendengaran dari isolasi sosial yang mengarah pada depresi.

6. Meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan

Dengan tertanganinya masalah pendengaran , maka kualitas hidup dan kesehatan akan makin terjaga.

3 Keterbatasan Alat Bantu Dengar

Image by Gerd Altmann from Pixabay
  1. Bila kerusakan pada koklea terlalu luas, penanganan dengan hearing aid hanya akan membuat seseorang mampu mendengar suara kencang, tapi tidak memahami percakapan. Dalam kasus ini mungkin diperlukan adanya Implan Koklea.
  2. Jika seseorang mengalami gangguan pendengaran dalam jangka panjang maupun bentuk lain dari kelainan pemrosesan pendengaran sentral, alat bantu saja tak membantu. Dalam kasus ini, alat bantu dengar perlu dibantu dengar terapi auditori untuk hasil yang maksimal.
  3. Alat bantu dengar tak diperlukan bila seseorang mengalami kelainan dalam pemrosesan pendengaran sentral tanpa mengalami gangguan pendengaran berarti. Di sisi lain, ada beberapa kondisi yang menyebabkan alat bantu dengar tak dapat berfungsi atau dengan kata lain manfaatnya tidak maksimal.