Informasi

Manfaat Hearing Aid dan Keterbatasannya

Image by OpenClipart-Vectors from Pixabay

Gangguan pendengaran tentu akan mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan. Jika dibiarkan dan tidak ditangani, dalam jangka panjang, penurunan auditori, penurunan kognitif, ingatan dan gangguan kesehatan umum lainnya, akan terjadi.  Hearing aid Jakarta hadir sebagai salah satu solusi bagi masalah tersebut.

Alat pendengar telinga tak hanya berguna untuk meringankan kesulitan dalam berkomunikasi, tetapi untuk mencegahnya menjadi gangguan mental dan kesehatan yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keterbatasan alat bantu pendengaran.

6 Manfaat Utama dari Alat Bantu Dengar

1. Memudahkan pendengaran dan mengurangi ketidaknyamanan saat mendengar

Penggunaan alat bantu dengar memberi kenyamanan dalam mendengar bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

2. Menghindari Dementia dan Alzheimer

Selain memberi kenyamanan bagi penderita gangguan pendengaran, manfaat yang selanjutnya ialah menghindari resiko Dementia dan Alzheimer (kepikunan).

3. Meningkatkan keseimbangan

Terjadinya masalah dalam sistem pendengaran mempengaruhi keseimbangan seseorang sehingga manfaat yang ditawarkan alat bantu dengar ini pun dapat meningkatkan keseimbangan,

4. Meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri

Tentu ketika Anda atau orang terdekat Anda mengalami gangguan pendengaran, hal itu berpengaruh pada rasa percaya diri. Nah, hearing aid dapat meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri, lho.

5. Menghindarkan isolasi sosial yang dapat merujuk pada depresi

Selain beberapa manfaaat tersebut, keberadaan alat bantu dengar ini dapat menghindarkan seseorang dengan keterbatasan pendengaran dari isolasi sosial yang mengarah pada depresi.

6. Meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan

Dengan tertanganinya masalah pendengaran , maka kualitas hidup dan kesehatan akan makin terjaga.

3 Keterbatasan Alat Bantu Dengar

Image by Gerd Altmann from Pixabay
  1. Bila kerusakan pada koklea terlalu luas, penanganan dengan hearing aid hanya akan membuat seseorang mampu mendengar suara kencang, tapi tidak memahami percakapan. Dalam kasus ini mungkin diperlukan adanya Implan Koklea.
  2. Jika seseorang mengalami gangguan pendengaran dalam jangka panjang maupun bentuk lain dari kelainan pemrosesan pendengaran sentral, alat bantu saja tak membantu. Dalam kasus ini, alat bantu dengar perlu dibantu dengar terapi auditori untuk hasil yang maksimal.
  3. Alat bantu dengar tak diperlukan bila seseorang mengalami kelainan dalam pemrosesan pendengaran sentral tanpa mengalami gangguan pendengaran berarti. Di sisi lain, ada beberapa kondisi yang menyebabkan alat bantu dengar tak dapat berfungsi atau dengan kata lain manfaatnya tidak maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *