Informasi

3 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Image by Pexels from Pixabay

Kulit bayi tidak seperti kulit orang dewasa pada umumnya. Dibutuhkan perawatan dan perhatian khusus agar seorang bayi memiliki kulit yang sehat dan terawat serta terhindar dari berbagai macam masalah. Kulit bayi yang masih sangat sensitif akan mudah terkena berbagai macam permasalahan, khususnya ketika para orang tua kurang teliti saat melakukan perawatan.

Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan oleh semua orang tua agar bayi memiliki kulit yang bersih dan sehat adalah dengan memilih sabun bayi yang aman yang akan digunakan setiap hari. Sabun adalah salah satu perlengkapan perawatan bayi yang sangat berpengaruh terhadap kebersihan permukaan kulit tubuh bayi. Sabun tersebut mampu mengangkat dan membersihkan berbagai macam debu dan kotoran yang menempel secara tidak langsung pada permukaan kulit tubuh bayi.

Sabun bayi memiliki kandungan yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan sabun orang dewasa karena karakteristik kulit yang memang berbeda. Meskipun demikian, ketika akan membeli sabun yang akan digunakan untuk sang buah hati, diperlukan ketelitian yang sangat cermat dari semua orang tua, salah satunya adalah harus memilih sabun bayi aman anti bakteri. Selain mampu membersihkan dengan sangat baik, sabun yang digunakan juga harus bisa memberikan rasa aman tanpa mengakibatkan efek samping yang membahayakan kesehatan kulit.

Image by StockSnap from Pixabay

Selain pemilihan sabun, ada 3 cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

  1. Selektif dalam memilih perlengkapan perawatan bayi. Selain sabun, popok, lotion hingga deterjen yang digunakan untuk membersihkan pakaian bayi juga harus dipilih dengan sangat selektif. semua perlengkapan perawatan bayi tersebut harus aman digunakan dan cocok untuk jenis karakteristik kulit bayi.
  2. Jangan terlalu lama menjemur bayi di bawah sinar matahari. Pagi hari adalah saat-saat terbaik untuk menjemur sang buah hati. Akan tetapi kegiatan tersebut jangan sampai dilakukan terlalu lama karena sangat berisiko menyebabkan radiasi dari paparan sinar matahari.
  3. Menjaga suhu air yang digunakan untuk mandi agar tidak terlalu panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *