Informasi

Air Alkali dan Segudang Manfaatnya

Image by ExplorerBob from Pixabay

Air alkali adalah air yang bersifat basa. Pada dasarnya, air alkali tidak berbeda jauh dengan air mineral pada umumnya. Hanya saja, air mineral yang biasanya kita konsumsi memiliki pH yang netral atau pH 7. Nah, kadar pH pada air alkali berada pada angka 8 ke atas yang membuat air alkali memiliki sifat basa. Meminum air yang sifatnya basa diyakini oleh para ahli dapat memengaruhi  pH tubuh.

Semakin tinggi kadar pH di dalam tubuh, maka akan semakin baik. Ditambah lagi, air alkali yang memiliki pH 8+ juga biasanya mengandung mineral alkali dan ORP negatif. ORP yang memiliki kepanjangan oxidation reduction potential adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, maka semakin banyak kandungan antioksidan di dalam air minum tersebut. Namun, tahukah Anda apa saja fungsi air alkali bagi kesehatan tubuh manusia? Air alkali memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan meminum air alkali secara rutin.

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

1.Mencegah Tubuh dari Dehidrasi

Tubuh manusia memerlukan cairan yang cukup agar seluruh organ di dalamnya dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan atau biasa kita sebut dengan dehidrasi tak hanya akan membuat tubuh tidak bekerja dengan optimal, twtPI juga sangat rentan terkena penyakit. Menurut hasil penelitian, orang-orang yang rutin mengonsumsi air alkali tingkat kekentalan darahnya lebih rendah 6,3 persen dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi air mineral pada umumnya. Darah yang lebih cair tentu akan lebih mudah mengalir sehingga oksigen yang dibawanya dapat sampai ke seluruh tubuh dengan cepat. Inilah alasan tubuh perlu terhidrasi dengan baik.

2.Menetralisir Asam

Fungsi air minum alkali yang lainnya adalah dapat membantu tubuh dalam menetralisir asam. Mengonsumsi makanan memang sebuah keharusan. Namun, hal tersebut akan menambah kadar keasaman dalam tubuh. Nah, hal itu dapat dimbangi dengan mengonsumsi air alkali. Selain itu, kadar asam yang tinggi dapat membuat Anda menjadi sering sakit kepala, mual, atau muntah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk meminum air alkali yang dapat membantu menetralisir kelebihan asam di dalam tubuh.

1 thought on “Air Alkali dan Segudang Manfaatnya”

  1. Kemarin waktu temenku kena GERD juga minumnya air alkali terus lho Mbak, alhamdulillah membaik. Asam lambungnya nggak naik lagi. Btw apakah air alkali itu bisa bikin nggak haus lagi setelah sekali teguk? Macam merk P*******?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *